Kamis, 14 Februari 2013

Tingkatkan Pemahaman, PNPM MPD Gelar RBM Lanjutan


Warta Mandiri.- Untuk lebih meningkatkan pemahaman pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan (MPD), maka digelar pelatihan lanjutan Ruang Belajar Masyarakat (RBM). Kegiatan yang dipusatkan di hotel Parewa dan berlangsung dua hari itu, Kamis – Jumat, diikuti 56 peserta dari delapan kecamatan di Kabupaten Bima.

Penanggungjawab PNPM MPD Kabupaten Bima, Mansyur, mengatakan  pelatihan lanjutan RBM ini untuk memberi pemahaman ditiga bidang, yakni monitoring, hukum dan media. Kegiatan serupa pernah dilakukan tahun sebelumnya, namun tingkat dasar.
“Dari evaluasi sebelumnya, dibutuhkan untuk mengadakan pelatihan serupa, namun untuk lanjutan, agar bisa lebih memahami tentang bagaimana mekanisme dan proses pemantauan program dan aspek hukumnya,” katanya di Hotel Parewa, Kamis (14/2).
Dalam aspek monitoring, kata Mansyur, peserta diharapkan dapat memahami mekanismenya, namun juga dapat memberi pemahaman pada pelaku lainnya. Demikian juga dengan masyarakat, agar pelaksanaan program PNPM MPD di kecamatan masing-masing berjalan sesuai harapan. “Pelaksanaan program ditingkat lapangan terkadang berhadapan dengan aspek hukum, sehingga peserta harus memahami bagaimana penyelesaiannya,” jelasnya.
Selain monitoring dan pemahaman tentang hukum, kata dia, peserta juga dibekali dengan pengetahuan media. Agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat terpublikasi dengan luas. Maka saat ini PNPM MPD telah memiliki spesialis dibidang Information Education Communication (IEC) . “Kami juga memiliki spesialis hukum, ketika ada masalah yang terkait hukum, maka ada yang menanganinya,” ujarnya.
Kegiatan itu dibuka oleh Penanggungjawab Operasional (PJO) PNPM MPD Kabupaten Bima, Adnan Jamal, SSos. Pembicara untuk monitoring oleh Hasan dan Pengetahuan Hukum oleh Kisman, SH. Materi untuk media disampaikan oleh Sofiyan Asy’ari.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar