Selasa, 15 Mei 2012

Terbaik se-NTB, UPK Kecamatan jadi Contoh

Warta Mandiri.- Peserta pelatihan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) se Kabupaten Bima, berkunjung ke Kecamatan Sape, Selasa (15/5). Kegiatan itu dalam rangka melihat dari dekat pengelolaan kegiatan UPK Kecamatan Sape.
Fasilitator Keuangan PNPM MPd Kabupaten Bima, Raodatur Rahma, mengatakan dipilihnya Kecamatan Sape sebagai lokasi kunjungan, karena menjadi UPK terbaik se-Provinsi NTB. Kunjungan ini diharapkan menjadi media pembelajaran bagi UPK lain.

Dijelaskannya, dalam pengelolaan administrasi, pendampingan kelompok, perguliran SPP, serta kerjasama dengan lembaga pendukung lain, cukup bagus. Tingkat pengembalian yang maksimal dengan mengelola anggaran sekitar Rp4 miliar.
“Lembaga pendukung UPK seperti, BKAD, BPUPK, Tim Penyehat Pinjaman, memiliki rencana kerja dan aktif melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Ini yang menjadi daya dukung kegiatan PNPM MPd di Kecamatan Sape,” ujarnya.
Dikatakannya, UPK lain yang menjadi peserta pelatihan, merespon kunjungan tersebut dan dapat belajar dari UPK Kecamatan Sape. Banyak informasi yang bisa diserap dan ditiru untuk perbaikan pelaksanaan di kecamatan masing-masing.
Di Sape, peserta mengunjungi Kantor UPK Kacamatan Sape dan empat desa contoh, seperti Desa Parangina,  Sangiang, Rasabou, dan Bugis.  Peserta melihat kegiatan kelompok SPP dampingan.
Kelompok SPP tersebut masuk dalam kategori matang. Secara organisasi mereka dianggap aktif, seperti administrasi, kegiatan simpan pinjam kelompok, serta pertemuan kelompok yang rutin. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar