Kamis, 15 Maret 2012

Kapasitas Pendamping Lokal PNPM Ditingkatkan


Bima.-
          Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan (MPD) Kabupaten Bima gelar pelatihan bagi Pendamping Lokal (PL). Pelatihan itu untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam melaksanakan tugas di lapangan. Kegiatan yang dilaksanakan mulai Rabu (7/3) hingga Jumat (9/3) di Kantor Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM MPD Kabupaten Bima itu diikuti delapan PL.

          Fasilitator Kauangan (Faskeu) PNPM MPD Kabupaten Bima, Radiatur Rahmah, mengatakan PL merupakan tenaga pendamping yang berasal dari masyarakat  yang membantu FK/FT  untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan PNPM-MP mulai tahap perencanan,pelaksanaan dan pelestarian. Diantara peran PL adalah melakukan pemantapan terhadap pelaksanaan kegiatan di desa, membantu fasilitator kecamatan (FK) dan fasilitator tehnis (FT) dalam melaksanakan pemeriksaan dilapangan.
                “Mereka juga memiliki fungsi  membantu FK dalam melakukan bimbingan pada KPMD. Membantu FK atau FT  dalam melaksanakan pelatihan kepada TPK dan masyarakat dan memberi bimbingan dan saran teknis maupun non teknis kepada TPK,” ujarnya.
Dikatakan Rahmah, PL juga berperan dalam membantu membuat gambar kerja sesuai petunjuk FT dan membantu dalam pembuatan gambar desain dan purna laksana. Membimbing dan memberi penjelasan kepada masyarakat mengenai cara-cara pelestarian lingkungan. “Diharapkan dengan pelatihan tahap dua ini, kapasitas mereka dalam memahami tupoksi lebih baik lagi. Selain itu diberi pemahman tentang bagaimana tehnik memfasilitasi,” ujarnya.
 Untuk itu PL juga, kata dia, harus mampu memberi bimbingan tentang cara-cara administrasi pembukuan dan pengarsipan TPK. Membantu dan membimbing TPK dalam penyiapan serta proses pra audit.
                Tugas lain PL, kata dia, memfasilitasi proses pemeliharaan hasil kegiatan,pengembangannya dan pelestariannya, pengembalian dana bergulir. Mengumpulkan informasi tentang aspek non teknis seperti partisipasi dan keluhan masyarakat. Membimbing KPMD dalam menginventarisasi kebutuhan masyarakat dalam kaitannya dengan rencana jangka panjang masyarakat.
                Selain itu, kata Koordinator Fasilitator PNPM MPD Kabuaten Bima, Mansyur, PL sangat berperan dalam mengawasi pelaksanaan tehnis kegiatan. Seperti halnya dalam kegiatan fisik di lapangan, mereka harus mengetahui dan mengawasi pengadaan kebutuhan material, seperti pengadaan semen dan lainnya. PL juga harus memiliki pengetahuan tentang pengelolaan administrasi. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar