Senin, 28 Mei 2012

Perubahan Ada, tetapi tidak Signifikan!


HASIL evaluasi dan Rakor yang dilakukan sejak Januari 2012 hingga Mei menunjukkan grafik naik, walaupun tidak signifikan. Dalam pelaksanaan kegiatan sebenarnya mengacu pada Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL). Hal itu dikatakan Koordinator Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM MPd Kabupaten Bima, Mansyur, Senin (28/5).
Misalnya, kata dia, untuk anggaran 2012 ini, semestinya Mei ini telah  dilaksanakan pada delapan kecamatan. Namun, kenyataannya hanya beberapa kecamatan saja yang mulai kegiatannya. Ini terkendala karena lelang yang membutuhkan proses lama. “Padahal, diinginkan, bagaimana kegiatan bisa lebih awal, sehingga nantinya tidak terkendala keterlambatan lagi,” ujarnya.

Tahun 2012 ini juga, kata dia, akan dibahas Ruang Belajar Masyarakat (RBM). Nilai anggaran RBM tahun ini senilai Rp120 juta, lebih kecil dibandingkan sebelumnya Rp300 juta.
     Kegiatan RBM nanti, di antaranya pelatihan lanjutan dari program periode sebelumnya. Jika sebelumnya tingkat dasar, maka diprogramkan tingkat lanjutan satu dan dua.
Disamping itu, kata dia, ada harapan ke pemerintah daerah, terkait dengan penandatangan prasasti fisik di delapan kecamatan. Banyak prasasti yang belum ditandatangani oleh Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST. “Agar memercepat penandatanganan prasasti karena jumlahnya yang cukup banyak, mungkin bisa atas nama, sehingga Camat atau pejabat lain bisa menandatanganinya,” usulnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar