Selasa, 28 Februari 2012

Melirik Kegiatan yang dapat Didanai Bersama PNPM


Bima, Bimeks.-
          Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Belo salah satunya untuk melihat kegiatan yang dapat didanai bersama, antara APBD dengan PNPM Mandiri Perdesaan. Hasil pembahasan Musrenbang tahun 2012 ini akan terakomodir pada 2013 mendatang. Hal itu diungkapkan Camat Belo, Chandra Kusuma, di Kantor Camat Belo, Sabtu (25/2).
          

Musrenbang ini, kata dia, juga sebagai tindaklanjut integrasi pembangunan di desa, yang sebelumnya telah dilaksanakan 24 hingga 28 Januari lalu. Pembahasan tingkat desa yang difasilitasi oleh PNPM Mpd sebelumnya dibahas ditingkat kecamatan untuk menentukan skala prioritas.
 “Pembahasan dalam Musrenbang ini, program dibagi dalam tiga bidang, yakni ekonomi, fisik dan social budaya,” ujarnya.
          Kegiatan yang dihadiri sejumlah stakeholder dan SKPD terkait itu, kata dia, untuk menentukan  bersama skala prioritas  kebutuhan. Karena tidak semua kegiatan dapat dipenuhi pendanaannya oleh APBD Kabupaten Bima. Hal ini karena adanya keterbatasan anggaran yang tersedia di daerah.
Usulan kegiatan yang dibahas dalam Musrenbang, kata dia, biasanya dibagi dalam tiga level. Level pertama yang dianggap sangat urgen, penting dan sifatnya usulan. “Setiap desa biasanya ada dua usulan prioritas,” ujarnya. (BE.16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar